Kejadian Alam Opini Publik Sosialita

Misteri Hing Hook, Pertapa Tiongkok Di Pantai Goa China

MALANG (PARLEMENPOS) : Pantai Goa China merupakan destinasi Wisata baru yang mulai dilirik wisatawan. Pemandangan laut sangat menawan khas pantai selatan.

Legenda sebuah Goa yang akhirnya menjadi nama pantai tersebut, menarik PARLEMENPOS untuk menelusuri nya akhir pekan lalu. Seperti namanya, goa ini memang sudah ada dari sejak jaman dahulu, namun misteri sosok Hing Hook, pertapa asal Tiongkok yang mukso di tempat itu belum terjawab.

Kawasan wisata ini, dikelola oleh Paguyuban Peduli Goa China. Salah seorang anggota paguyuban, Paksi, yang saat itu menjual tiket masuk tidak mengetahui persis siapa sosok Hing Hook yang ada dalam legenda Goa Cina.

“Diperkirakan, pertapa asal Tiongkok itu disini pada jaman Kerajaan Singosari berkuasa,” ungkap Paksi.

Baca juga :   Sandiaga Resmikan Air Mineral Produk OK OCE

Keistimewaan lokasi wisata ini, yakni bisa melihat pulau yang berada di tengah pantai yaitu pulau Bantengan, Pulau Goa Cina dan Pulau Nyonya. Ombak di Pantai Goa Cina sangat kuat dan menimbulkan suara gemuruh, oleh karena itu tidak ada perahu nelayan yang bersandar di pantai ini dan pengunjung dilarang berenang.

Selain batu karang dan pulau kecil di tengahnya, ada sebuah gua dengan kisahnya sehingga pantai ini dinamakan Pantai Goa Cina. Goa ini berada dalam bebatuan karang yang besar di bagian sisi kanan pantai. Jika mau melihat goa nya secara langsung, maka harus naik ke karang yang tidak terlalu tinggi dan membayar tiket Rp 10ribu per orang.

Baca juga :   Rayakan Ultah, Inces Diana Tiup Lilin Bareng Tetangga

Untuk memasuk ke Goa ada petunjuk berupa lampu di dinding goa dan di pintu goa ada tulisan yang menjelaskan legenda Goa China tentang seorang petapa dari Cina yang bertapa di dalam gua bertahun-tahun sampai dia meninggal.

Dari sebelah kiri goa akan terlihat sebuah pantai yang memiliki panorama indah dengan karang besar dari pantai goa cina yang tampak bersih di area sekitarnya.

Secara administratif, pantai goa cina ini merupakan pantai yang berada di pesisir Malang selatan. Tepatnya berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Pantai Goa China sebenarnya bukan nama asli dari pantai ini, nama aslinya adalah Pantai Rowo Indah. Tetapi karena terjadinya sebuah peristiwa kematian orang bertapa disini secara mengejutkan, maka kebanyakan masyarakat setuju dengan nama pantai ini.

Baca juga :   Tersangka Vannesa Angel Mangkir Wajib Lapor di Polda Jatim

Tidak ada catatan kapan nama ini diganti, karena peritiwa ini tidak memiliki kejelasan yang pasti kapan peristiwa ini terjadi. Sehingga nama Rowo Indah tergantikan dengan nama Goa Cina sampai saat ini. (dwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *